Kamis, 17 Maret 2011

Trik Memasang Meta Tag Pada Blogspot

Trick Memasang Meta Tag Pada Blogspot

Trick Memasang Meta Tag Pada Blogspot. Kode meta tag saya rasa cukup perlu disematkan pada blogspot, hal ini untuk sedikit memberi warna pada teknik SEO yang kita gunakan. Sebelumnya, google telah mengumumkan bahwa penggunaan Meta Tag Keyword pada blog sudah tidak dipakai lagi, google tidak akan menilai meta kewyord menjadi hal penting untuk sekarang ini, karena banyak blog spam yang berlebihan menggunakan keyword pada meta tag nya namun tidak sesuai dengan isi blog tersebut.

meta-tag-seo-blogspot
Maka dari itu pada kesempatan cara memasang meta tag seo pada blogspot ini, saya akan melewatkan penggunaan keyword pada meta keyword. Disini saya hanya memakai meta Description yang berguna untuk memperjelas apa isi blog kita ketika tampil pada halaman pencarian google. To the point saja, berikut saya paparkan cara-caranya.

Trick Memasang Meta Tag SEO Pada Blogspot

1. Masuk ke blogger.com dengan akun anda.
2. Pilih blog anda
3. Masuk ke tab rancangan
4. Pilih tab edit html
5. Backup dahulu atau anda download full template anda untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan.
6. Cari kode berikut
<head>
<b:include data=’blog’ name=’all-head-content’/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:skin><![CDATA[/*
7. Setelah itu anda hapus kode berikut
<title><data:blog.pageTitle/></title>
8. Ganti dengan kode meta tag dibawah ini
<b:if cond=’data:blog.pageType == “item”‘>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>
<b:if cond=’data:blog.pageType != “item”‘>
<meta content=’Judul blog anda, deskripsikan apa isi blog anda dengan menarik jangan lebih dari 160 karakter‘ name=’description’/>
</b:if>
<meta content=’GENERAL’ name=’rating’/>
<meta content=’global’ name=’distribution’/>
<meta content=’follow,all’ name=’robots’/>
<meta content=’Indonesia’ name=’geo.placename’/>
<meta content=’global’ name=’distribution’/>
<meta name=”language” content=”kode bahasa yang blog anda gunakan, misal bahasa indonesia jadi ID, atau english jadi EN” />
<meta name=”author” content=”nama anda” />
9. Sebelum di save, ganti dahulu tulisan-tulisan yang saya beri warna pada kode meta tag blogspot diatas dengan yang anda butuhkan.
10. Save templates blogspot anda
11. Silahkan anda lihat blog anda.
Jika anda lihat dengan menggunakan klik kanan dihalaman utama blog anda, dan pilih page source, maka akan terlihat beberapa kode meta tag seperti diatas. Jika terlihat maka anda telah berhasil memasang meta tag seo pada blogspot.

Apa Fungsi Meta Tag SEO Pada Blogspot

Sebenarnya dengan anda membaca meta name dari kode-kode diatas, anda sudah tahu kode meta tag blogspot diatas mempunyai fungsi untuk apa, ada yang menjelaskan tentang Geo.place atau posisi anda, menjelaskan siapa author pada blog tersebut, menjelaskan bahasa yang anda gunakan dan yang lain sebagainya.
Yang terpenting adalah fungsi meta tag description, seperti yang sudah saya jelaskan hal ini berguna untuk memberikan gambaran pada hasil pencarian di google tentang isi blog anda. Usahakan sesuai dengan content yang anda buat, dan buat lah yang menarik agar mendapat banyak pengunjung.
Gunakan variasi kata kunci pada description blog anda, ini sangat berguna untuk memperkuat serp di pencarian google nantinya, contoh sebagai berikut :
description : Belajar SEO, blog indonesia berisi artikel untuk refferensi belajar para SEO newbie blogger indonesia.
Diatas terlihat ada variasi kata kunci selain belajar SEO, anda bisa gunakan teknik seperti diatas.

Apa Kelebihan Meta Tag SEO Pada Blogspot

Kelebihan meta tag seo diatas adalah adanya perubahan struktur penampilan judul blog, tidak seperti bawaan blogger yang disara kurang SEO Friendly. Mengapa demikian?
Bawaan blogspot akan tertulis seperti berikut :
Nama Blog Anda : Judul Postingan Anda
Konsep diatas tidak bagus dalam SEO, karena memotong judul postingan artikel blog anda yang berisi keyword. Coba saja jika judul postingan artikel anda panjang, sudah pasti akan terpotong nanti ketika di hasil pencarian, karena google membatasi panjang judul artikel dalam pencarian. Max hanya 70 karakter.
Nah degan memasang meta tag SEO untuk blogspot diatas, maka pada hasil pencarian akan berganti lebih seo friendly. Akan menempatkan judul postingan artikel anda di awal dan judul blog anda di akhir. Contoh nya sebagai berikut :
Judul Postingan Anda – Judul Blog Anda
Jika anda menggunakan teknik memasang meta tag blogspot ini, jangan lupa anda baca dahulu artikel penerapan keyword pada domain blog, dalam artikel tersebut saya menjelaskan variasi penggunaan kata kunci pada judul blog. Dengan begitu, kepadatan kata kunci pada blog anda akan semakin bagus.

Kesimpulan Cara Memasang Meta Tag SEO Pada Blogspot

Kesimpulannya penggunaan meta tag seo pada blogspot ini cukup membantu anda menjelaskan tentang isi dan berbagai hal yang ada pada blog tersebut,selain itu juga dapat membuat variasi keyword pada judul postingan anda semakin banyak sehingga akan terbantu dalam memuncaki serp di pencarian kata kunci yang anda inginkan.
Bagaimana simple dan cukup berguna bukan trick cara memasan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Berbagi Ilmu dalam Blog powered by blogger.com
Design by Free7 Blogger Templates Simple Clean