Kamis, 31 Maret 2011

Menulis Artikel Yang Seo Friendly

SEO Friendly Article 300x300 10 Tips Menulis Artikel yang SEO FriendlyAda banyak teknik Search Engine Optimization, tapi mungkin yang paling penting adalah bagaimana menulis artikel yang SEO friendly. Artikel adalah bagian dari blog yang dicari orang melalui search engine. Teknik SEO macam apapun akan kurang efektif bila tidak dibarengi dengan menulis artikel yang berkualitas, baik untuk SEO maupun bagi pembaca.
Berikut adalah beberapa tips dasar untuk menulis artikel SEO friendly:


  1. Pilih Keywords dengan Tepat. Gunakan bantuan tools seperti Google Insight atau Google AdWords Keywords Tool untuk memilih kata kunci yang tepat. Dengan kedua tools di atas, kita dapat mengetahui keyword apa yang sedang trend, baik di seluruh dunia maupun negara tertentu. Kita juga bisa mendapat informasi berapa search per bulan untuk keyword tersebut, jumlah kompetitor, dan alternatif keyword yang bisa kita gunakan.
  2. Artikel Jangan Terlalu Panjang. Sebisa mungkin buat artikel di bawah 1000 kata. Artikel yang telalu panjang mungkin akan menyulitkan crawler, tapi yang lebih penting artikel kepanjangan akan membuat visitor malas membaca. Jika memang tidak memungkinkan dibuat pendek, pecah saja menjadi beberapa postingan.
  3. Jangan Menulis untuk Search Engine. Walaupun artikel ini mengajarkan untuk menulis artikel yang SEO friendly, bukan berarti kita harus mengabaikan isi dari artikel itu sendiri. Buat artikel yang enak dibaca, taruh keyword dengan pas, isi artikel dengan tulisan yang informatif. Percuma mendatangkan banyak pengunjung kalau mereka tidak mau kembali lagi karena tulisan yang buruk kan?
  4. Gunakan Backlink yang Kredibel. Kalau anda memerlukan sumber dari luar untuk tulisan anda, carilah situs yang terpercaya seperti Wikipedia, kemudian link artikel anda ke situ. Mencantumkan sumber asli jika anda harus mengutip isi suatu situs akan membuat anda dihormati, dan orang mungkin akan melakukan hal yang sama kalau menggunakan artikel anda.
  5. Jangan Copas. Yang ini penting sekali, artikel yang memiliki kemiripan hingga sebagian besar dengan artikel yang sudah lebih dahulu terindeks tidak ada nilainya di mata search engine. Kalau anda mengambil informasi dari situs lain, usahakan untuk mengubahnya dengan kata-kata anda sendiri.
  6. Jaga Kepadatan Keyword. Jangan pernah berpikir bahwa “semakin banyak semakin baik”. Sebarkan keyword dengan merata ke seluruh artikel, dan masukkan ke dalam kalimat dengan natural.
  7. Posisi Keyword. Satu hal yang pasti, taruh keyword dalam judul postingan. Setelah itu masukkan keyword ke kalimat pertama pada paragraf pertama (kalau bisa), dan kalimat terakhir pada paragraf terakhir. Selain itu, menaruh keyword pada sub-judul juga cukup efektif.
  8. Internal Link. Tautkan kata kunci dalam artikel anda ke postingan lama yang berhubungan. Internal linking sangat efektif, dan akan membantu membuat posting-posting lama terindeks kembali oleh search engine.
  9. Cek Ejaan Anda. Jangan sampai keyword anda tidak terindeks oleh search engine hanya gara-gara anda salah ketik.
  10. Artikel Original. Walaupun susah, cobalah buat artikel original yang tidak akan bisa ditemukan di situs lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Berbagi Ilmu dalam Blog powered by blogger.com
Design by Free7 Blogger Templates Simple Clean